Candi Gedong Songo Bandungan Semarang - Kabupaten Semarang memang terkenal akan wisata alamnya yang memiliki udara sejuk dan pemandangan alam yang mempesona.

Di Kabupaten Semarang tepatnya daerah Bandungan, terdapat sebuah Kawasan Wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat Semarang, yakni Candi Gedong Songo Bandungan.
Foto : cemarawiasata.com
Candi ini menjadi begitu istimewa karena memiliki 9 kompleks candi yang berada pada satu kawasan. Candi Gedong Songo sangat menarik untuk dikunjungi dan juga di simak dari berbagai macam sisi.


Sejarah Singkat Candi Gedong Songo Bandungan

Kawasan Candi Gedong Songo di temukan oleh seorang berkewarganegaraan Inggris yang bernama Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1740. Hanya saja, saat beliau menemukan Candi ini hanya berjumlah 7 buah saja.

Kemudian pada tahun 1908, V. Stein Callenfels yang melakukan penelitian lebih lanjut selama kurang lebih 3 tahun hingga akhirnya beliau menemukan 2 bangunan candi lagi. Kemudian, pada tahun 1972 - 1982 pemerintah Hindia Belanda melakukan pemugaran dan diteruskan oleh Pemerintah Indonesia.
Foto : tripadvisor.co.id
Nama Candi Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa. "Gedong" artinya adalah "bangunan" dan "Songo" yang artinya "sembilan". Jadi, nama Gedong Songo memiliki arti Bangunan yang berjumlah Sembilan, sesuai dengan jumlah yang ditemukan.

Lantas, siapa yang pertama kali mendirikan dan membangun Candi ini?
Kawasan yang berada di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1.200 mdpl ini adalah peninggalan Wangsa Syailendra pada abad ke-9, lebih tepatnya pada tahun 972 Masehi. Candi ini lebih tepatnya di bangun pada abad ke-7 oleh Raja Mataram Kuno, yaitu Putera Sanjaya.

Candi tersebut di bangun sebagai tujuan pemujaan para dewa. Oleh karena itu, tak heran bila di kompleks candi terdapat beberapa patung seperti Siwa Mahakala, Siwa Mahaguru, Ganesha, dan beberapa patung dewa yang bisa dinikmati oleh pengunjung.
Foto : pl3sir.blogspot.com
Selain itu, masyarakat sekitar percaya bila Kawasan Candi Gedong Songo masih berhubungan erat dengan kisah pewayangan antara Hanoman dan Dasamuka. Disisi lain, ada juga misteri yang terselubung dibalik kemegahan candi ini yaitu tentang sebagai salah satu tempat yang digunakan oleh Ratu Sima untuk bersemedi.

Keindahan Dan Daya Tarik Candi Gedong Songo

Perlu diketahui, kawasan candi memiliki Bio Energy terbesar dan terbaik di Asia. Bahkan, Bio Energy yang berada di kawasan pegunungan Tibet saja kalah. Tentu hal ini menjadi sesuatu yang membanggakan dan mengesankan bagi khususnya warga Semarang dan sekitarnya.
Foto : jejak-kenzie.blogspot.com
Satu hal lagi yang akan membuat Anda terkesan yaitu dengan ditemukannya sebuah emas dan juga perak di kawasan candi gedong 4. Emas-emas ini asli dan menjadi sebuah penemuan yang mengesankan.

Seperti halnya Candi Cetho yang berada di Karanganyar, Kawasan Candi Gedong Songo pun juga digunakan sebagai salah satu titik pendakian. Ada sebuah bumi perkemahan yang tersedia untuk para pendaki atau Anda yang ingin mendirikan tenda atau berkemah dan menginap untuk menikmati Keindahan Alam Lereng Gunung Ungaran.

Di Candi Gedong Songo Anda bisa mengelilingi kawasan candi tersebut dengan track yang cukup menguras tenaga. Diantara Candi yang satu dengan yang satunya memiliki jarak sekitar 200 hingga 300 meter dengan track yang naik dan turun.
Foto : Instagram @kenziezafran16
Tetapi, keindahan alam kawasan Candi Gedong Songo serta suasana yang sejuk dan asri, mampu menghilangkan rasa lelah dan mengubahnya menjadi semangat yang membara.

Ketika berjalan diantara Candi 4 dengan Candi 5, Anda akan menemukan sebuah Kawasan belerang yang baunya memang masih cukup menyengat. Di kawasan ini pula terdapat sebuah pemandian air hangat yang mengandung belerang yang bisa Anda manfaatkan. Cukup dengan membayar Rp 5.000 saja, Anda sudah bisa merasakan kehangatannya.
Foto : gojeng.com
Selain keindahan alam, Kawasan Wisata Candi Gedong Songo memiliki udara yang sangat sejuk karena berada di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut. Tentunya sangat cocok dijadikan sebagai alternatif wisata untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari dan hiruk-pikuk perkotaan.
Foto : flickr.com

Fasilitas Candi Gedong Songo Bandungan

Bagi pengunjung yang tidak kuat berjalan kaki atau tidak mau lelah berjalan kaki, di Candi Gedong Songo sudah ada penyewaan kuda yang bisa Anda manfaatkan untuk berkeliling di kawasan wisata tersebut.

Tarif sewanya berbeda-beda tergantung mau sampai ke candi berapa pengunjung ingin menggunakan jasanya. Di sekitar area wisata juga terdapat area perkemahan yang biasa digunakan sebagai tempat kegiatan berkemah.

Untuk urusan perut, Anda tidak perlu khawatir. Di area wisata Candi Gedong Songo ini terdapat banyak kios semi permanen yang menjual makanan dan minuman.

Pedagang asongan pun banyak terlihat berlalu-lalang di sepanjang jalan setapak. Untuk masalah toilet dan musholla, Anda akan dapat dengan mudah menemukannya di sejumlah titik area wisata.

Pada hari biasa (weekday) area parkir Candi Gedong Songo cukup memadai. Akan tetapi pada hari libur, kendaraan yang datang terkadang melebihi kapasitas.

Bagi Anda yang datang dari luar kota dan ingin bermalam disini ridaktperlu cemas, karena di sekitar area wisata Candi Gedong Songo banyak terdapat penginapan, mulai dari hotel melati hingga hotel berbintang akan mudah Anda temukan.

Bagi Anda yang hobi berfoto dan ber-selfie, di kawasan wisata Candi Gedong Songo tepatnya didekat Candi 1, terdapat lokasi wisata yang menyediakan spot-spot foto yang instagenic. Tempat wisata ini bernama Ayanaz Gedongsongo yang sebelumnya bernama Ayana Gedongsongo.
Foto : Instagram @kenziezafran16
Di Ayana Gedongsongo Anda bisa berfoto dan ber-selfie dengan spot-spot yang instagenic yang akan mempercantik koleksi foto Anda di akun sosial media. Ayana Gedongsongo cukup populer di kalangan masyarakat Semarang dan viral di media sosial khususnya Instagram. Untuk info lebih lengkapnya silahkan klik disini.
Foto : Instagram @kenziezafran16

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo

Harga Tiket Masuk ke Candi Gedong Songo terbilang cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp 10.000 untuk orang dewasa atau diatas usia 5 tahun yang merupakan wisatawan lokal. Sedangkan untuk wisatawan asing harga tiket masuknya berbeda, yakni Rp 70.000 per orang.

Jika ingin merasakan sensasi yang berbeda saat berkunjung ke tempat wisata ini atau jika malas berjalan kaki, maka Anda bisa berkeliling di kawasan wisata Candi Gedong Songo dengan naik kuda.
Foto : viva.co.id
Ada beberapa paket harga jasa wisata kuda di Candi Gedong Songo dengan harga termurahnya yaitu Rp 35.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp 45.000 untuk wisatawan asing. Paket wisata termurah ini bernama Wisata Desa.

Berikutnya adalah paket ke Air Panas dengan harga Rp 60.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 70.000 untuk wisatawan mancanegara.

Kemudian ada paket wisata ke Candi 2 dengan tarif Rp 40.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 50.000 untuk wisatawan mancanegara.

Yang terakhir merupakan paket dengan harga termahal yakni Paket Candi Songo. Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 70.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 90.000 untuk wisatawan asing.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Ayana Gedongsongo yang berada di dekat candi 1, Anda perlu membayar tiket masuk lagi sebesar Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Alamat & Lokasi Candi Gedong Songo

  • Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.
  • 36 Km dari Pusat Kota Semarang
  • 45 Km dari Bandara Internasional Ahmad Yani
  • 39 Km dari Bridge Fountain Semarang
  • 38 Km dari Lawang Sewu
  • 37 Km dari Simpang Lima Semarang

Akses Menuju Candi Gedong Songo

Rute menuju Candi Gedong Songo Bandungan Semarang sangatlah mudah, tidak perlu takut menyasar untuk menuju ke objek wisata tersebut. Apabila Anda masih merasa bingung maka sebaiknya menggunakan google maps yang sudah saya siapkan di bagian bawah ini.

Dari perkotaan Semarang, letaknya memang cukup jauh. Anda bisa mengambil akses jalan menuju Candi Gedong Songo dengan mengikuti rute jalan menuju Krajan. Setelah sampai di Krajan maka Anda sudah dekat dengan lokasi Candi Gedong Songo.

Peta & Petunjuk Arah Menuju Candi Gedong Songo Bandungan


Post a Comment