Umbul Sidomukti - Harga Tiket Masuk + Wahana, Penginapan, Alamat & Rute Menuju Lokasi

Umbul Sidomukti Bandungan Semarang - Jika Kota Semarang lebih di dominasi dengan wisata sejarah yang memamerkan beberapa bangunan bersejarah nya, berbeda dengan Kabupaten Semarang yang lebih di dominasi oleh wisata alam dengan menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona.
Foto : jejak-kenzie.blogspot.com
Tak jauh dari Kawasan Wisata Gedong Songo dan Ayanaz Gedong Songo, terdapat sebuah kawasan wisata alam yang cukup populer bernama Umbul Sidomukti.

Umbul Sidomukti

Jika mendengar kata "umbul", maka yang terlintas pertama kali di pikiran kita adalah Umbul Ponggok yang berada di Klaten. Lantas, apakah kedua tempat ini sama?

Bisa di bilang, kedua tempat wisata ini memiliki kemiripan. Namun, di Umbul Sidomukti lebih lengkap jika untuk dijadikan destinasi wisata bersama keluarga.
Foto : wisatabaru.com
Umbul Sidomukti menawarkan berbagai wahana permainan seru, dan salah satu kegiatan favorit di objek wisata Ungaran ini adalah berenang.

Di Umbul Sidomukti menawarkan kolam renang alami seperti di Umbul Ponggok dengan pemandangannya yang mempesona. Bedanya kolam Umbul Sidomukti dengan Umbul Ponggok yaitu tidak di huni oleh ikan, terlebih lagi kolam Umbul Sidomukti ukurannya lebih kecil.

Ada 3 kolam renang di Umbul Sidomukti dengan formasi bertingkat, urutannya adalah yang paling dalam yaitu 1,5 meter, dan yang paling bawah adalah kolam yang paling dangkal.

Berbicara soal pemandangan dan kesejukan udara, tak perlu diragukan lagi. Karena berada pada ketinggian 1.200 mdpl menjadikan air di kolam Umbul Sidomukti sangat dingin dan sejuk, bahkan lebih dingin dari Umbul Ponggok.

Karena Umbul Sidomukti menawarkan sensai berenang diatas awan, sambil berenang di kolam Anda akan disuguhkan pemandangan alam dari Kabupaten Semarang yang terlihat sangat memukau dengan perbukitan hijau yang menghiasinya.

Selain berenang, di kawasan wisata Umbul Sidomukti juga sudah di bangun penginapan pondok wisata dan juga pondok panorama, restoran pondok lesehan, serta cafe pondok kopi.

Daya Tarik Umbul Sidomukti

Kolam di Umbul Sidomukti memiliki bentuk yang unik, karena pinggir kolam menggunakan batu-batuan yang tertata rapi sehingga menyerupai mangkok dan tidak berbentuk kotak.
Foto : bobocantik.com
Dari kolam tersebut, para pengunjung sembari mandi dan berenang bisa melihat pemandangan pegunungan yang dipenuhi dengan pepohonan hijau serta terdapat awan yang menutupi sebagian area hutan. Sehingga menawarkan sensasi seoalah-olah sedang berenang diatas awan.

Di kolam paling atas, terdapat air mancur yang menyembur dari dasar kolam setinggi 1,5 meter sehingga menambah keindahan.
Pemandian di Umbul Sidomukti terhitung sebagai kolam renang yang tertinggi di Indonesia dan bahkan di Asia.
Foto : viva.co.id
Inilah salah satu sensasi daya tarik yang di tawarkan Umbul Sidomukti, dengan merasakan mandi/berenang di kolam yang paling tinggi dan tentu saja area kolam sangat indah dan bisa Anda manfaatkan untuk mengambil gambar dengan kamera.

Semua pemandangan yang ada di kawasan kolam renang Umbul Sidomukti ini sangat Instagramable, sehingga sangat sayang sekali jika hanya dilewatkan begitu saja.
Foto : brobali.com

Fasilitas Di Umbul Sidomukti

Fasilitas yang terdapat di Umbul Sidomukti antara lain gazebo-gazebo yang ada di samping kanan kolam renang. Anda bisa duduk santai di gazebo sambil menikmati pemandangan alam pegunungan kawasan Bandungan.

Fasilitas lainnya adalah rumah makan yang memiliki dua lantai dan Anda bisa menikmati hidangan sesuai selera. Rumah makan ini menyediakan menu makanan biasa, seperti soto, mie ayam, bakso, sosis, kwetiau, nasi pecel, dan masih banyak lagi.

Sedangkan menu makanan ringannya seperti kentang, sosis goreng, singkong, nugget, tahu serasi dan lainnya. Untuk menu minumannya banyak sekali pilihannya, ada teh panas, es teh, kopi, lemon, susu, jeruk, coklat, dan lainnya.

Bagi Anda yang berkunjung menggunakan kendaraan pribadi, kawasan wisata Umbul Sidomukti juga sudah menyediakan area parkir yang cukup luas.

Wisata Outbound

Tak hanya sekedar berenang saja, obyek wisata Umbul Sidomukti juga memiliki area untuk kegiatan Outbound.
Foto : hargatiket.net
Dari kolam renang, Anda bisa menuruni tebing menuju Taman Berani sebagai wahana wisata outbound untuk melatih keberanian anak-anak.

Taman Berani ini memiliki permainan gardu tinggi yang bisa dipanjat oleh anak-anak melalui alat panjat yang terbuat dari bambu dan tali.

Untuk mencoba wahana Taman Berani, Anda harus membeli tiket seharga Rp 10.000 saja dan bisa membuat anak-anak menjadi senang dengan bermain sepuasnya.

Ketika berada diatas gardu, anak-anak bisa melihat pemandangan alam disekitar tempat wisata dengan pepohonan hijau serta meningkatkan rasa cinta anak-anak terhadap keindahan alam. Anak-anak juga bisa bertemu dan bermain dengan anak lainnya yang sama-sama berada di sana.

Setelah puas, Anda bisa naik lagi untuk mencoba wahana wisata Adrenalin Games sebagai wahana wisata outbound yang ekstrem.
Foto : kabarrantau.com
Untuk memasuki kawasan wisata ini, Anda bisa mencoba permainan Flying Fox, Jembatan Tali, serta Flying Fox Segitiga. Harga tiket setiap permainan berbeda-beda, dan tentunya semakin ekstrem juga akan semakin mahal.

Permainan yang paling diminati oleh wisatawan yang berkunjung adalah Flying Fox Lembah, yang akan mengantarkan Anda meluncur dari ketinggian 70 meter.

Anda akan merasakan sensasi meluncur dari atas pegunungan sepanjang 110 meter hingga akhirnya sampai ke gardu akhir.

Setiap pengunjung akan diberikan alat pengaman berupa helm, tali yang mengikat pinggang dan betis, serta guide yang akan memandu dari tempat peluncuran serta guide yang akan melakukan pengereman di gardu akhir.

Wahana outbound lainnya yang perlu Anda coba adalah Marine Bridge, yaitu jembatan yang terbuat dari tali seperti yang biasa dilakukan latihan tentara Indonesia.

Anda akan melewati jembatan tali dari atas ketinggian 30 meter dengan jarak 50 meter dari gardu start sampai gardu finish. Rute perjalanan adalah menyeberangi dua bukit dan tentunya bisa membuat bulu kuduk jadi merinding.

Ada juga wahana outbound lainnya yaitu Highest Triangle yang berupa jembatan yang terbuat dari tali dan ada pula jembatan kayu kecil seukuran telapak kaki.
Foto : piknikasik.com
Pada jembatan ini terdapat tiga gardu sehingga bentuk jembatan menjadi segitiga dan setiap jembatan memiliki tingkat kesulitan masing-masing untuk dilewati.

Masih ada lagi permainan menantang yang perlu Anda coba, yaitu mengendarai motor ATV dengan jalur naik turun serta berlumpur dan berbatu.

Motor beroda empat ini merupakan salah satu jenis kendaraan ekstrem untuk melewati trek yang sulit. Sensasi mengendarai motor ATV adalah sulitnya mengendalikan motor ini ketika melewati jalan yang terjal serta melewati tanjakan.
Foto : umbulsidomukti.com
Selain itu, jalur yang dilewati berada di tengah pegunungan, sehingga kadang kala harus bertahan untuk menghindari agar tidak sampai jatuh ke jurang. Rute yang dilewati berupa jalur yang memutari area bukit wisata Umbul Sidomukti.

Wisata Kuliner

Sedangkan urusan kuliner untuk mengisi perut yang lapar setelah beraktivitas di kawasan wisata Umbul Sidomukti, Anda bisa menuju ke Pondok Lesehan Ikan Bakar yang letaknya diatas Taman Renang Alam.
Foto : unique-chantika.com
Karena berada di daerah pegunungan, rumah makan ini lebih banyak menyediakan menu ikan air tawar dan hanya tiga menu ikan laut yaitu cumi, udang, dan kepiting. Sedangkan menu ikan air tawar ada ikan gurame, nilla, bawal, lele, bandeng, dan belut.

Semua menu makanan ikan, diracik dengan bumbu khas Bandungan menggunakan rempah-rempah yang masih segar sehingga makanan terasa lebih lezat dan gurih.

Bagi Anda yang tidak menyukai makanan jenis ikan, rumah makan ini juga menyediakan menu daging sapi, iga, ayam, jamur, tempe, dan tahu. Selain itu, ada juga menu cap cay serta tahu serasi sebagai makanan asli dari Bandungan.

Pondok Lesehan Ikan Bakar memiliki tempat yang luas dan bisa menampung ratusan pengunjung serta menerima pesanan untuk acara rapat, reuni, arisan, dan lainnya. Tempat makan berada di area terbuka sehingga bisa menyantap makanan sambil menikmati pemandangan alam.

Tempat yang digunakan ada yang menggunakan bangunan panjang sehingga bisa dipakai untuk puluhan orang dan ada pula yang berbentuk gazebo untuk keluarga atau bersama teman-teman atau pasangan.

Selain Pondok Lesehan Ikan Bakar, ada juga wisata kuliner yang sangat terkenal yaitu Pondok Kopi yang lokasinya berada di ujung barat objek wisata Umbul Sidomukti. Cafe yang bernama Pondok Kopi ini menyajikan dari berbagai jenis kopi berkualitas.
Foto : umbulsidomukti.com
Anda bisa mencoba menu yang ditawarkan di Pondok Kopi ini agar tidak kecewa nantinya. Tentu saja akan terasa nikmat ketika menyeruput nikmatnya kopi alami berada di daerah pegunungan dan mencoba hidangan makanan ringan dari daerah Bandungan.

Ada kopi hijau dan kopi hitam yang diolah secara langsung sebelum disajikan kepada customer. Anda bisa mencoba berbagai jenis kopi sesuai selera, ada olahan kopi giling dan ada pula olahan kopi roaster atau panggang.

Selain menyajikan berbagai jenis kopi, cafe ini juga menyediakan hidangan ringan untuk mengisi perut seperti pisang goreng tepung terigu, pisang goreng keju dan coklat, tape goreng bulat, dan masih banyak lagi.

Pondok Kopi ini sangat terkenal dan banyak wisatawan yang mengunggah videonya di situs youtube untuk merekomendasikan Pondok Kopi ini karena tempatnya sangat indah.
Konsep Pondok Kopi menggunakan bangunan minimalis yang bernuansa klasik namun bergaya modern. Anda juga diizinkan untuk melihat berbagai jenis kopi yang ada di dalam cafe ini.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan proses pembuatan kopi karena alat penggiling dan alat pemanggang kopi berada dalam ruangan kaca agar pengunjung bisa melihat tanpa masuk ke dalam ruangan.

Karena berada di tempat yang paling tinggi di kawasan wisata Umbul Sidomukti, maka semua pemandangan alam daerah pegunungan Bandungan bisa terlihat dengan jelas dari cafe ini.
Foto : brobali.com
Cafe Pondok Kopi melayani para pengunjung dari jam 8 pagi sampai jam 12 malam, sehingga banyak tamu yang menginap menghabiskan malamnya di Pondok Kopi ini.

Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti


√ Tiket Masuk
  • Senin - Jumat : Rp 5.000/orang
  • Sabtu - Minggu : Rp 10.000/orang

√ Flying Fox
  • Senin - Jumat : Rp 12.000/orang
  • Sabtu - Minggu : Rp 12.000/orang

√ Marine Bridge
  • Senin - Jumat : Rp 7.000/orang
  • Sabtu - Minggu : Rp 7.000/orang

√ Rapelling
  • Senin - Jumat : Rp 6.000/orang
  • Sabtu - Minggu : Rp 6.000/orang

√ ATV
  • Senin - Jumat : Rp 15.000/ 3 putaran
  • Sabtu - Minggu : Rp 20.000/ 3 putaran

√ Sewa Kuda
  • Senin - Jumat : Rp 50.000/ 30 menit
  • Sabtu - Minggu : Rp 50.000/ 30 menit

√ Tiket Parkir : Rp 2.000

Alamat & Lokasi Umbul Sidomukti

  • Jl. Umbul Sidomukti, Blanten Lor, Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661
  • 29 Km dari Pusat Kota Semarang
  • 46 Km dari Bandara Internasional Ahmad Yani
  • 31 Km dari Tugu Muda Semarang
  • 11 Km dari Kawasan Wisata Candi Gedong Songo

Akses Menuju Wisata

# Dari Semarang
Bagi Anda yang berasal dari Semarang bisa mengambil jalur menuju Ungaran sampai tiba di pom bensin Lemah Abang sebagai tanda akan segera mengubah arah.

Setelah melewati pom bensin Lemah Abang, Anda akan menemui sebuah gapura dengan tulisan Kawasan Wisata Candi Gedong Songo di seberang jalan.

Selanjutnya memasuki gerbang tersebut dan melaju untuk mengikuti jalan sampai tiba di Pasar Jimbaran dan memasuki gang yang ada di depan pasar yang bertuliskan Wisata Umbul Sidomukti. Kemudian ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di tempat wisata Umbul Sidomukti.

# Dari Solo dan Klaten
Mengikuti jalan Semarang-Surakarta hingga sampai pada Rumah Sakit Ken Saras sebagai pedoman agar segera memperlambat laju kendaraan.

Selanjutnya akan menemui sebuah gapura dengan tulisan Wisata Candi Gedong Songo dan di sebelah gapura tersebut terdapat sebuah motor yang sudah rusak.

Kemudian bisa memasuki gapura tersebut dan melaju kencang sampai tiba di Pasar Jimbaran dan memasuki gang depan pasar sebagai jalur ke tempat wisata Umbul Sidomukti.

# Dari Yogyakarta
Anda yang berasal dari Yogyakarta bisa mengambil jalur Jl. Jogja-Ambarawa hingga sampai ke Kota Semarang. Selanjutnya untuk mengikuti papan arah yang menuju Bandungan dan Jimbaran dan akan sampai di gerbang Kawasan Wisata Candi Gedong Songo.

Kemudian memasuki gerbang tersebut hingga sampai di Pasar Jimbaran dan memasuki gang depan pasar sebagai jalur ke tempat wisata Umbul Sidomukti.

Peta & Petunjuk Arah Menuju Umbul Sidomukti

0 Response to "Umbul Sidomukti - Harga Tiket Masuk + Wahana, Penginapan, Alamat & Rute Menuju Lokasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel