Kawasan Wisata Kota Lama Semarang - Gambar, Harga Tiket Masuk, Alamat & Lokasi

Foto : jejak-kenzie.blogspot.com
Kawasan Wisata Kota Lama Semarang Jawa Tengah merupakan sebuah kawasan wisata sejarah dengan berbagai bangunan kuno ala Eropa. Tak kalah dengan Kota Tua yang ada di Jakarta, Kota Lama Semarang juga akan membuat Anda merasa kembali ke masa lampau.

Tak hanya bisa melihat-lihat dan mengagumi keindahan bangunannya saja, Anda yang hobi pantengin instagram dan sosial media lainnya bisa juga berburu foto yang unik di sini untuk menghiasi akun sosial media Anda seperti instagram.
Foto : jejak-kenzie.blogspot.com
Tak jarang banyak anak-anak muda yang membuat album kelulusan, sekedar berselfie ria, hingga tak sedikit juga yang membuat foto prewedding di Lokasi ini.

Bisa di bilang, Kawasan Wisata Kota Lama Semarang merupakan tempat wisata kekinian di Kota Semarang. Penasaran bagaimana keindahan kawasan wisata ini ?
Simak terus panduan wisata dari Semarang Pedia ini.



Sejarah Singkat Kawasan Kota Lama Semarang

Kawasan ini dulunya merupakan pusat perdagangan dan pemerintahan Kota Atlas di abad 19-20. Didalamnya, terdapat sekitar 50 bangunan kuno yang mengusung gaya arsitektur Eropa tahun 1700-an.
Bermula dari penandatanganan perjanjian antara kerajaan Mataram dan VOC pada 15 Januari 1678. Pada saat itu, Amangkurat II menyerahkan Semarang kepada pihak VOC sebagai pembayaran karena VOC telah berhasil membantu Mataram menumpas pemberontakan Trunojoyo.

Akhirnya, Semarang berada dibawah kekuasaan penuh VOC, dan kota itupun mulai dibangun. Pada saat itulah sebuah benteng bernama Vicfhoek yang digunakan sebagai tempat tinggal warga Belanda dan Pusat Militer mulai di bangun.

Pada tahun 1740-1743 terjadi sebuah peristiwa Geger Pecinan, perlawanan terbesar pada kurun waktu kekuasaan VOC di Pulau Jawa. Setelah perlawanan tersebut berakhir, dibangunlah fortifikasi mengelilingi Kawasan Kota Lama Semarang. Namun, fortifikasi ini dibongkar pada tahun 1824 karena dianggap tidak sesuai dengan perkembangan kota yang semakin pesat.
Pada saat itu, berbagai kantor perdagangan mulai dibangun dan membuatnya menjadi pusat perdagangan dan pemerintahan Kota Atlas kala itu.

Barulah setelah Indonesia merdeka, pemerintah mulai mengambil alih perkantoran dan bangunan milik Belanda. Beberapa bangunan ini masih beroperasi dan difungsikan hingga sekarang.

Kawasan Kota Lama Semarang mendapat julukan sebagai Little Netherland. Lokasinya yang dikelilingi kanal-kanal dengan bangunan berlanggam Eropa menjadikan Kota Lama Semarang mirip sebuah kota yang berada di Belanda.

Destinasi Dan Bangunan Favorit Di Kawasan Kota Lama Semarang

Di Kawasan Wisata Kota Lama Semarang ini ada berbagai destinasi favorit yang selalu ramai dengan wisatawan. Ada banyak bangunan menarik yang bisa Anda temui ketika berwisata di kawasan ini, beberapa ada yang masih mempertahankan bentuk aslinya namun ada juga yang sudah diberikan sentuhan modern.

1. Taman Srigunting

Foto : jejak-kenzie.blogspot.com
Alamat :
- Jl. Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174
Maps :
- Klik disini
Harga Tiket Masuk (HTM) :
- Gratis
Hari & Jam Buka :
- Setiap hari 24 Jam

Taman yang awalnya bernama Parade Plain ini dulunya sering digunakan sebagai tempat latihan baris berbaris tentara Belanda. Pasca kemerdekaan Taman Srigunting sempat ditutup untuk masyarakat umum. Barulah di tahun 2001 masyarakat boleh berkunjung secara leluasa disini. Sejak tahun 2004, mulailah dibangun beberapa sarana rekreasi yang membuatnya semakin nyaman untuk dikunjungi.

Dari tempat ini, Anda bisa melihat Gedung Spiegel dan Marba yang sering dijadikan sebagai spot foto favorit. Ada juga properti foto berupa sepeda dan becak dengan membayar seikhlasnya.

2. Gereja Blenduk

Foto : jejak-kenzie.blogspot.com
Alamat :
- Jl. Letjen Suprapto No. 32, Tanjung Mas, Kota Semarang, Jawa Tengah 10460
Maps :
- Klik disini
Harga Tiket Masuk (HTM) :
- Rp 10.000/orang
Hari & Jam Buka :
- Senin-Sabtu : 09.00 - 16.00 WIB
- Minggu : 13.00 - 16.00 WIB

Berwisata di Kawasan Kota Lama Semarang rasanya tak akan lengkap jika belum mengunjungi Gereja Blenduk. Dibangun pada tahun 1743 membuatnya dinobatkan sebagai Gereja tertua yang ada di Jawa Tengah.

Awalnya, bentuk bangunan menyerupai rumah Joglo. Pada tahun 1787, Gereja ini direnovasi dan pada tahun 1894 atapnya diganti kubah berbentuk cembung dan penambahan dua menara. Setelah atapnya berganti cembung,dari situlah sebutan Gereja Blenduk muncul. Karena orang Jawa menyebut cembung dengan sebutan mlenduk.

Gereja Blenduk masih digunakan sebagai tempat peribadatan umat Kristen Protestan. Wisatawan diperbolehkan masuk pada saat Gereja tidak digunakan untuk beribadah dan dikenakan biaya pemeliharaan sebesar Rp 10.000.

3. Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Foto : jejak-kenzie.blogspot.com
Alamat :
- Jl. Letjen Suprapto No. 26, Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah 50174
Maps :
- Kilik disini
Harga Tiket Masuk (HTM) :
- Rp 50.000/oramg
Hari & Jam Buka :
- Setiap hari dari pukul 09.00 - 21.00 WIB

Selanjutnya ada tempat wisata yang sudah mendapatkan sentuhan modern, namanya yaitu Old City 3D Trick Art Museum Semarang. Tempat ini dibuka untuk umum pada tanggal 30 Mei 2016 lalu.

Seperti namanya, tempat wisata ini menyajikan lukisan-lukisan 3D (3 Dimensi) yang membuatnya tampak seperti nyata. Konsepnya sendiri mirip dengan Trick Eye Museum yang ada di Singapura.

Dengan memainkan sudut pengambilan foto, Anda bisa seperti sedang berada di luar negeri, dalam kondisi berbahaya, berpose dengan tokoh terkenal, dan masih banyak lagi. Jadi seolah-olah lukisan itu tampak seperti nyata.

Di tempat wisata Old City 3D Trick Art Museum Semarang ini Anda juga akan mendapatkan berbagai spot foto unik dengan membayar Rp 50.000/orang.

4. Semarang Contemporary Art Gallery

Foto : jejak-kenzie.blogspot.com
Alamat :
- Jl. Taman Srigunting No 5-6, Tanjung Mas, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174
Maps :
- Klik disini
Harga Tiket Masuk (HTM) :
- Rp 10.000/orang
Hari & Jam Buka :
- Setiap hari : 10.00 - 16.00 WIB

Ada satu lagi tempat wisata di Kota Lama Semarang yang telah mendapatkan sentuhan modern, tempat ini bernama Semarang Contemporary Art Gallery yang sering disebut dengan sebutan Gallery Semarang (GALSEM).

Lokasinya tak jauh dari Taman Srigunting dan Gereja Blenduk. Semarang Contemporary Art Gallery menyajikan berbagai karya seni dari para seniman seperti lukisan-lukisan unik dan patung-patung unik.

Salah satu karya seni yang menjadi ikon dari tempat wisata ini adalah Patung miring setinggi 3 meter di taman bagian belakang, patung tersebut sering dijadikan sebagai spot foto menarik bagi para pengunjung.
Foto : jejak-kenzie.blogspot.com

Cara Menuju Kawasan Wisata Kota Lama Semarang

Untuk Anda yang kebetulan dari luar kota tak perlu bingun untuk menuju ke Kawasan Wisata Kota Lama Semarang. Aksesnya cukup mudah karena lokasinya sendiri cukup strategis. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

1. Kendaraan Pribadi

  • Kalau Anda datang dari Arah Demak, maka Anda bisa lewat kawasan terminal Terboyo, melewati Jalan Jenderal Raden Patah, kemudian masuk ke kawasan Wisata Kota Lama Semarang.
  • Apabila Anda datang dari arah Ungaran, maka ambilah rute Banyumanik, Peterongan, lalu ke Jalan MT. Hariono, Bundaran Mbubakan, Jalan Cenderawasih, sampalaih Anda di Kota Lama Semarang.
  • Sedangkan jika Anda dari arah Jakarta atau arah barat, Anda bisa melalui rute Bundaran Kalibanteng, Bundaran Tugu Muda, Lawang Sewu, Jl. Pemuda, Kota Lama Semarang.

2. Kendaraan Umum / Angkutan Umum

  • Menggunakan kendaraan angkot, sebaiknya Anda memilih angkot yang melayani jurusan atau melayai rute menuju Kota Lama Semarang.
  • Menggunakan Kereta Api, jika Anda datang ke Semarang menggunakan kereta api maka Anda dapat turun di stasiun Tawang, dimana polder Tawang itu merupakan salah satu ikon dari Kota Lama Semarang. Letaknya tepat di depan pintu masuk stasiun. Dari stasiun Tawang Anda bisa mengakses Kota Lama Semarang hanya dengan berjalan kaki.

Peta & Petunjuk Arah Menuju Kawasan Kota Lama Semarang


0 Response to "Kawasan Wisata Kota Lama Semarang - Gambar, Harga Tiket Masuk, Alamat & Lokasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel